Santo Ignatius Loyola

Ignatius dilahirkan di wilayah Azpeitia di Kastil Loyola, Spanyol pada tanggal 23 Oktober 1491. Ignatius Loyola adalah seorang mantan militer Spanyol. Ia lahir dari sebuah keluarga bangsawan Basque. Ignatius Loyola menjadi seorang teolog dan biarawan imam Katolik sejak tahun 1537. Ia  mendirikan Ordo Serikat Yesus dan menjadi Superior Jendral pertamanya.  Ignatius muncul sebagai seorang pemimpin agama selama masa Kontra-Reformasi. Bakti Ignatius pada Gereja Katolik Roma memiliki ciri khas, sikap taat total pada ajaran dan hierarki Gereja Katolik.

Dalam tugas militer ketika Perang Pamplona pada tahun 1521, ia mengalami luka serius.  Dalam proses perawatan,  Ignatius melewati proses perubahan spiritual. Buku De Vita Christi karya Ludolph Saxony memberikan inspirasi padanya untuk meninggalkan semua kehidupan militer dan membaktikan seluruh dirinya untuk berkarya demi Tuhan. 

Dalam menjalani kehidupan spiritualnya, Ignatius mengikuti teladan para pemimpin rohani seperti Fransiskus dari Assisi. Pada bulan Maret 1522, Ia memperoleh penampakan dari Bunda Maria dan bayi Yesus saat ia berada di tempat suci Ratu Montserrat. Setelah itu ia pergi ke Manresa di mana ia mulai berdoa tujuh jam sehari sambil membentuk dasar-dasar Latihan Rohani. Di bulan September 1523, Loyola tiba di Tanah Suci untuk tinggal di sana, namun tak lama kemudian ia dikirim kembali ke Eropa oleh para imam Fransiskan.

Antara tahun 1524-1537, Ignatius belajar teologi dan Bahasa Latin di Spanyol dan Paris, Perancis. Pada tahun 1534. Kemudian Igantius dan beberapa pengikutnya mengikat diri mereka pada sumpah kemiskinan, kesucian dan ketaatan demi Tuhan dan Gereja Katolik. 

Pada tahun 1539 mereka mendirikan Ordo Serikat Yesus yang disetujui oleh Paus Paulus III pada tahun 1540. Latihan Rohani juga disetujui oleh Paus Paulus III pada tahun 1548. Loyola juga merancang Konstitusi Serikat Yesus. Ignatius meninggal pada tanggal 31 Juli 1556. Ia dimakamkan di Gereja Gesu, Roma Italia.

Ignatius dibeatifikasi oleh Paus Paulus V pada tahun 1609 kemudian dikanonisasi oleh Paus Gregorius XV pada tahun 1622, dan diangkat sebagai pelindung semua retret rohani oleh Paus Pius XI pada tahun 1922. Hari peringatan Ignatius Loyola dirayakan pada tanggal 31 Juli. Ignatius adalah santo pelindung para tentara, Serikat Yesus, wilayah Basque, dan provinsi-provinsi Guipuzcoa dan Biscay.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Ignatius_Loyola